Berbagai Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Booting

Masalah atau error pada laptop tidak semua harus dibawah ke tukang servis komputer karena semua informasi mengenai perbaikan pada laptop apa lagi yang bermasalah hanya terletak pada software yang notabene semua solusinya sudah banyak yang share di internet.

Laptop atau komputer memang sering sekali mengalami yang namanya error baik yang terjadi karena kerusakan software ataupun karena kerusakan hardware, untuk kali ini saya akan membahas mengenai masalah pada laptop yang tidak bisa booting atau tidak bisa masuk kesistem operasi.

Masalah Pada Sistem Operasi (Software)

Jika laptop anda tidak bisa booting karena dibagian software atau sistem operasinya maka solusi yang paling tepat adalah instal ulang sistem operasi. Untuk kali ini yang saya bahas disini adalah sistem operasi windows karena kebanyakan dari masyarakat indonesia yang memiliki komputer menggunakan sistem operasi windows. Untuk pembahasan cara menginstal ulang windows secara detail bisa lihat disini.

Masalah Pada Harddisk atau Penyimpanan Data (Hardware)

Harddisk merupakan penyimpan data pada suatu laptop, tanpa ada harddisk pada maka laptop tidak akan berjalan karena semua file sistem operasi yang berjalan semua tersimpan pada harddisk. Maka ada baiknya anda harus merawat harddisk anda sebelum masalah terjadi yang menyebabkan semua data anda akan terhapus dan tidak bisa diambil. 

Kerusakan pada harddisk memang sering terjadi dan disebabkan oleh banyak faktor diantaranya pana berlebih pada mesin yang berdampak pada harddisk, mematikan pakasa laptop, dan, seringnya terjadi gunjangan pada laptop yang juga akan berdampak pada harddisk.

Jika harddisk ini rusak secara fisik maka anda tidak akan bisa masuk ke sistem operasi atau biasa disebut gagal booting. Ini sebenarnya buka lagi gagal booting tapi anda tidak akan pernah bisa masuk lagi ke sistem operasi dan saya rasa inilah kerusakan paling parah jika laptop anda tidak bisa booting dan solusinya jika terjadi kerusakan fisik maka anda harus menggantinya dengan harddisk lain yang masih bagus.

Masalah Pada RAM

RAM juga merupakan perangkat yang sangat penting dalam serangkaian mesin pada laptop, apabila anda mengalami masalah pada RAM ada beberapa masalah yang akan terjadi di antaranya laptop blank hitam atau tidak tampil, layar biru, dan restart sendiri.

Jika anda gagal booting ada kalanya anda memeriksa RAM pada laptop anda dan silahkan lakukakan hal-hal berikut ini.
  • Rapatkan RAM pada slot, jika RAM longgar maka pastinya akan mempengaruhi kinerjanya yang tentunya tidak akan bisa berfungsi dengan baik.
  • Bersihkan tembaga kuning RAM dengan penghapus karet, biasanya hal ini kita lakukan jika RAM yang menempel pada slot memiliki banyak debu yang tentunya membuatnya tidak akan berfungsi dengan baik
  • Anda juga bisa membersihkan RAM dengan menggunakan cairan pembersih seperti alkohol.

Overheat atau Panas Berlebihan Pada Heatsink (Fun)

Hal ini memang sangat sering terjadi karena dimana pun kita berada pasti ada saja debu yang masuk kedalam body cashing laptop. Overheat bisa juga berpengaruh jika laptop anda gagal booting tapi overheat ini biasanya akan berpengaruh keseluruhan kinerja komponen pada laptop.

Overheat biasanya terjadi karena berbagai hal di antaranya termal pasta yang sudah kering, debu yang menempel pada kipas. Cara mengatasi panas berlebihan pada laptop adala sebagai berikut
  • Berikan termal pasta diatas processor, termal pasta ini biasanya banyak dijual di toko komputer
  • Bersihkan debu yang menempel pada kipas processor dengan menggunakn kuas kecil.
  • Lakukan hal-hal di atas secara berkala maka laptop anda akan awet
Saran saya bagi anda yang memiliki laptop, sering-sering lah membersihkan laptop anda dari debu jika anda ingin memiliki laptop yang bisa tahan lama.

Berbagai Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Booting

0 Response to "Berbagai Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Booting"

Post a Comment