Berbagai Cara Mengatasi Komputer Lambat

Komputer di jaman sekarang memang sangat penting karena sebagian besar aktivitas pada pekerjaan kita bisa dilakukan dengan menggunakan komputer.

Komputer atau laptop yang lambat memang sangat menjengkelkan apa lagi jika kita ingin menyelesaikan berbgai pekerjaan penting. Ada berbagai solusi bagi anda jika komputer anda lambat atau lemot.

Komputer Lambat Karena File Sistem Operasi Yang Corrupt

Sistem operasi merupakan seperangkat program yang mengelolah mengelolah semua perangkat keras yang artinya perangkat keras tidak akan berjalan jika tidak ada perintah dari sistem operasi. 

Bisa dibayangkan jika sistem operasi ini rusak maka kinerja seperti processor dan RAM yang notabene sebagai perangkat utama yang bisa mempercepat kinerja akses data akan terganggu yang pastinya komputer kita akan lemot atau lambat.

Jika file pada sistem operasi ada yang rusak, hal yang utama yang perlu kita lakukan untuk memperbaikinya yakni dengan melakukan instal ulang.

Terlalu Banyak Program Yang Terinstal

Komputer kita yang lambat juga biasanya dipengaruhi dengan banyak program yang tidak dibutuhkan yang terinstal apa lagi program tersebut ukurannya besar.

Lihatlah sekarang program yang terinstal pada komputer anda, apakah banyak aplikasi atau program yang terintstal yang tidak anda inginkan maka anda bisa menghapusnya dengan cara.
  • Masuk ke control panel
  • Pilih program
  • Pilih Uninstal program
  • Silahkan pilih program yang ingin anda hapus dengan cara mengklik 2 kali

Komputer Lambat karena RAM Yang Kurang

RAM memang sangat berperang penting untuk kinerja sebuah komputer, apa bila RAM anda kurang besar maka otomatis laptop anda tidak akan berjalan dengan cepat. Solusi bagi anda yang ingin mempercepat kinerja laptop anda yakni dengan menambah nya atau di upgrade.

Hardisk Yang Bermasalah

Perangkat ini memang sangat penting karena semua data tersimpan pada harddisk, jika harddisk ini mengalami badsector maka akan berpengaruh pada kecepatan akses data pada komputer anda.

Kinerja harddisk juga dipengaruhi oleh umurnya yang dimana semakin lama harddisk tersebut maka rpm nya akan menurun yang akan berpengaruh besar pada kecepatannya. Ada berbagai cara untuk melakukan perawatan pada harddisk sehingga di antaranya
  • Lakukan defragmenter secara berkala
  • Hindarikan hardisk dari berbagai macam goncangan
  • Hindarkan hardisk dari panas yang berlebihan
  • Hindarkan hardisk dari kotoran atau debu

Komputer Lambat Karena Overheat 

Kelebihan panas memang bisa menyebabkan akibat yang sangat fatal pada komputer yang biasanya bisa berpengaruh kesemua perangkat keras dan pada software. Dengan berlebihnya panas pada processor maka kinerja pada sistem operasi atau akses data juga akan menurun dan melambat.

Mengatasi Komputer Overheat
  • Berikan pasta pendingin diatas processor
  • Bersihkan kipas processor dengan menggunakan kuas
  • Anda hanya perlu melakukan 2 hal mudah di atas agar komputer anda bisa berjalan dengan kinerja yang optimal.
Hanya itu tips-tips yang bisa saya berikan kepada anda, jika ada yang kurang anda bisa mencari tips lain yang banyak di share di internet karena tiap orang tentunya akan memiliki ilmi yang berbeda. 



Berbagai Cara Mengatasi Komputer Lambat

0 Response to "Berbagai Cara Mengatasi Komputer Lambat"

Post a Comment