Cara Merawat Laptop Agar Tetap Awet Dan Tahan Lama

Cara Merawat Laptop Kesayangan Agar Tetap Awet

Cara Merawat Laptop Kesayangan Agar Tetap Awet

Membuat laptop tetap awet dan bersih memang sangat susah-susah gampang, kenapa saya mengatakan susahsusah gampang? yah sebenarnya mudah kalau kita rajin membersihkan dan merawat serta menjauhkan laptop dari sesuatu yang bisa membuat umur laptop pendek. dan yang susahnya biasa kita sendiri sangat melakukan hal yang sederhan yang tadi saya sebutkan. Berikut tips sederhana dari saya untuk membuat laptop anda tetap awet.

1. Merawat Lcd atau Layar Laptop

Gunakan cairan pembersih untuk merawat layar laptop anda dari debu yang menempel pada layar karena ketika banyak debu yang menempel pada layar dan langsung di pegang menggunakan tangan akan mengakibatkan layar laptop anda tergores. Saya biasanya memakai cairan pembersih merk "BLINK" karena sudah dilengkapi dengan kuas kecil yang halus dan lap halus yang artinya sangat komplit buat dipakai untuk membersihkan layar laptop kita.

2. Jauhkan Dari Air

Banyak dari kita yang biasanya teledor memakai laptop beraktivitas yang didekatnya ada teh atau kopi yang bisa saja kita tidak sengaja menumpahkan sehingga mengenai laptop kita apa lagi
kalau di rumah kita banyak anak kecil sehingga jangan coba menggunakan laptop yang didekatnya ada air. Karena benda elektronik ini sangat rentang akan air yang bisa berakibat fatal pada mesin laptop yang membuat laptop kita mai total, Tapi ada cara sederhana yang bisa anda lakukan jika laptop anda terkena air, bisa anda baca di artikel saya di sini Cara Mengatasi Laptop Yang Kena Air

3. Jangan Pakai Laptop Anda Di Atas Kasur atau Karpet

Ini adalah hal yang sangat sederhana tapi kebanyakan dari kita tidak memperhatikannya yaituh menggunakan laptop di atas tempat tidur atau di atas karpet. Apa anda tau hal ini bisa berakibat fatal pada laptop anda, begini ketika kita menggunakan laptop di atas tempat tidur udara di dalam mesin laptop tidak keluar karena di tutupi oleh permukaan kasur yang lembek sehingga mesin di dalam laptop menjadi panas, dan yang paling fatal debu di di permukaan kasur masuk kedalam kipas dari procescor sehingga lama kelamaan debu tersebut akan menumpuk dan mengakibatkan udara akan tertahan oleh debu sehingga panas dalam mainboard akan meningkat dan saya berani mengatakan ini dapat merusak komponen pada mainboar yang berakibat laptop anda akan mengalmi yang namanya mati total

4. Merawat Baterai Laptop

Komponen yang cepat rusak pada laptop biasanya baterai, apa yang dapat mengakibatkan baterai laptop anda cepat rusak? Lagi-lagi masalahnya sederhana yaituh kelalaian dari kita atau si pemakai. Memang kita bisanya makai tapi malas untuk merawat karena intinya semua barang elektronik itu hanya butuh perawatan agar bisa bertahan lama atau awet. Cara merawat baterai laptop kita yaituh pertama, pada saat pengisian baterai jangan sampai anda membiarkan baterai laptop anda full lama, pada saat indikator baterai menunjukkan 99% segera cabut charger dari laptop karena kalau di biarkan gak sampai sebulan anda melakukan hal ceroboh ini baterai anda sudah gak bisa di gunakan lagi. Kedua jangan memberkian baterai laptop anda sampai kehabisan baterai karena hal ini dapat menyebabkan komponen dalam baterai cepat aus atau bermasalah solusinya pasang alarm pengingat jika baterai sdh di bawah 20% saran saya setelah indikator baterai 40% segera lakukan pengisian baterai.

5. Gunakan Laptop di Ruangan Yang Jauh Dari Debu

Di atas sudah saya jelaskan bahaya dari debubuat umur laptop kita, memang saya anjurkan anda untuk menggunakan laptop di ruangan yang terhindar dari debu tapi saya rasa ini gak bisa di hindari karena dimana pun kita pergi pasti ada debu walaupun di ruangan yang ber AC. hal yang dapat kita lakukan adalah lagi-lagi kita hanya bisa merawat laptop kita, dan yang paling pertama yang kita rawat ketika menggunakan laptop di ruangan yang berdebu pasti layar dan keybord serta body laptp. Cara merawat layar laptop sudah saya jelaskan di awal jadi disini saya menjelaskan cara merawal keyboard laptop. Caranya sangat sederhana cukup menggunakan vakum cleaner untuk laptop kalau memang gak ada cukup menggunakan kuas yang halus untuk membersihkan sisi-sisi tombol yang berdebu.

Saya rasa cukup di sini tips yang sangat sederhana dari saya semoga bisa sedikit membanntu buat teman-teman.Silahkan baca juga artikel lain dari saya Cara Test Print Otomatis Printer Canon

Cara Merawat Laptop Agar Tetap Awet Dan Tahan Lama

1 Response to "Cara Merawat Laptop Agar Tetap Awet Dan Tahan Lama"